Home » » RELASI (JOIN)

RELASI (JOIN)


            Join adalah penggabungan table yang dilakukan melalui kolom / key tertentu yang memiliki nilai terkait atau berelasi, untuk mendapatkan satu set data dengan informasi lengkap. Lengkap disini artinya kolom data didapatkan dari kolom-kolom hasil join antar table tersebut.

Join diperlukan karena perancangan table pada sistem transaksional kebanyakan telah melakukan normalisasi, salah satu alasannya untuk menghindari redundansi.

Operator Relasi

Bahasa query formal basis data relasional adalah bahasa untuk meminta informasi dari basis data. Sebelum basis data relasional, query terhadap basis data merupakan tugas yang sangat sukar. Pemogram harus berususan dengan skema fisik internal dari basis data.
Bahasa query relasional misalkan SQL (sructured query language) berbeda dengan bahasa pemrograman konvensional. Di SQL, kita menspesifikasikan properti – properti informasi yang hendak diambil tapi tidak mencantumkan rincian algoritma pengambilan. SQL adalah deklaratif, yaitu pada query dideklarasikan informasi yang merupakan jawaban yang dikehendaki bukan cara komputasi.

Query kompleks yag diperlukan pada kebanyakan aplikasi nyata memerlukan pengetahuan mendalam mengenai bahasa da semantiknya. Bahasa query relasional formal merupakan bahasa antara yang digunakan basis data, yaitu SQL dikonversi menjadi bahasa rlasional formal sehingga dapat diterapkan sekumpulan informasi untuk memperoleh query paling efisien Terdapat dua jenis bahasa query relasional formal yang utama, yaitu:

1.Relasi Aljabar

2.Relasi Kalkulus


1.1. Relasi Aljabar

            Relasi aljabar merupakan kumpulan relasi terhadap operasi dimana setiap operasi menggunakan satu atau lebih relasi untuk menghasilkan satu relasi yang baru dan termasuk kategori prosedural dan juga menyediakan seperangkat operator untuk manipulasi data. Kode mendefenisikan operator relasi terdiri dari delapan operator, dimana dibagi menjadi dua kelompok sebagai berikut:

1.Operasi Tradisional, terdiri dari Union, Intersection, Difference, dan Cartesian Product.

2.Operasi rasional khusus, terdiri dari Restrict, Project, Join, dan Devide.

Untuk kedelapan operator diatas, akan diuraikan secara detail sebagai berikut:

1.1.1        Operasi Union

*      Notasi : r s, dimana r s ={t|t atau t s}, yaitu berupa relasi yang anggota-anggotanya adalah tuple-tuple yang bersal dari r atau s. bila ada yang terduplikasi, cukup satu saja yang di pertahankan.

*      Syarat operasi dapat dilangsungkan,

1.r dan s harus memiliki cacah kolom (arity) yang sama

2.masing-masing kolom dari kedua relasi harus kompatibel, artinya nilai-nilai didalamnya harus berasal dari domain yang sama.

Contoh operasi union:

Diberikan relasi (tabel) A

S SNAME STATUS CITY

S2 Aris 20 Semarang

S4 Eko 20 Semarang

Relasi (tabel) B

S SNAME STATUS CITY

S1 Aris 20 Semarang

S2 Heni 10 jakarta

Maka A B adalah menghasilkan relasi baru:

S SNAME STATUS CITY

S1 Aris 20 Semarang

S4 Heni 10 Jakarta




1.1.2        Operasi Set Intersectionnection

*      Notasi : r s , dimana r s ={t|t r atau t s}, yaitu berupa relasi yang anggota-anggotanya adalah tuple-tuple yang ada dalam r da nada dalam s.

*      Syarat operasi dapat dilangsungkan

1.r dan s harus memiliki cacah kolom (arity) yang sama

2.masing-masing kolom dari kedua relasi harus kompatibel,artinya nilai-nilai didalamnya harus berasal dari domain yang sama.

1.1.3 Operasi Difference (Minus)

*      Notasi : r-s, dimana r-s = {t|t r atau t s}, yaitu berupa relasi yang anggota-anggotanya anggotanya adalah tuple-tuple yang ada dalam r da nada dalam s.

*      Syarat operasi dapat dilangsungkan

1.r dan s harus memiliki cacah kolom (arity) yang sama

2.masing-masing kolom dari kedua relasi harus kompatibel,artinya nilai-nilai didalamnya harus berasal dari domain yang sama.

1.1.4 Operasi Cartesian Product (x/Times)

Notasi: rxs, dimana rxs = {pq|p r dan q s}, yaitu hasilnya berupa relasi/ table yang di peroleh dengan memasangkan setiap tuple pada relasi pertama dengan setiap tuple pada relasi kedua. Banyaknya kolom sama dengan jumlah kolom kedua relasi/table banyaknya baris /record sama dengan perkalian banyaknya record pada relasi pertama dan record pada relasi kedua.

1.1.5 Operasi Restriction (/Select)

Adalah operasi untuk menyeleksi tupel-tupel yang memenuhi suatu predikat, kita dapat menggunakan operator perbandingan (<,>,>=,<=,=,#) pada predikat. Beberapa predikat dapat dikombinasikan menjasdi predikat majemuk menggunaka penghubung AND (^) dan OR(v).

1.1.6 Operasi Projection ( )

*      Untuk mengambil kolom-kolom tertentu dari suatu relasi/table

*      Notasi : daftar atribut (r) dimana daftar atribut adalah atribut-atribut yang ada pada relasi/table r yang akan ditampilkan

*      Hasil operasi berupa kolom-kolom yang ada pada r dengan menghilangkan semua kolom yang tidak ada dalam daftar atribut

*      Bila ada baris yang sama (terduplikasi), cukup dituliskan sekali (hilangkan sisanya).

1.1.7 Natural Join (JOIN)

Adalah operasi untuk menggabungkan operasi selection dan Cartesian-product denhan suatu kriteria pada kolom yang sama.

Contoh operasi Join:

Conditional join adalah join yang berdasar pada kriteria tertentu berupa persamaan nilai atribut. Inner join adalah join yang berdasar pada kriteria tertentu berupa persamaan nilai atribut. Natural join adalah operasi inner join yang dilakukan pada semua atribut yang sama dari kedua relasi ( nama dan domainnya). Pada table/relasi hasil, kolom-kolom yang sama hanya muncul sekali.

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Trending Topik