BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah
terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik dibidang ekonomi, politik,
kebudayaan seni dan bahkan di dunia pendidikan. Untuk itulah dunia
pendidikan harus mau merumuskan inovasi yang positif untuk kemajuan
pendidikan. Teknologi Informasi (TI) merupakan suatu kebutuhan menuju
pendidikan yang berkualitas, karena dengan penggunaan TI diharapkan
adanya peningkatan mutu belajar/ mengajar, peningkatan produktivitas/
efisiensi dan akses, serta peningkatan sikap belajar yang positif.
Pengaruh globalisasi semakin terasa dengan semakin banyaknya saluran
informasi dalam berabagai bentuk seperti elektronik maupun non
elektronik seperti surat
kabar, majalah, radio, TV, telepon, fax, komputer, internet, satelit
komunikasi dan sebagainya. Teknologi komunikasi dan informasi yang terus
berkembang cenderung akan mempengaruhi segenap bidang kehidupan termsuk
bidang pendidikan kejuruan dan pelatihan yang akan semakin banyak
diwarnai oleh teknologi komunikasi dan informasi. Secara khusus untuk
pendidikan dan pelatihan akan di rasakan adanya kecenderungan : (a)
bergesernya pandidikan dan pelatihan dari system berorientasi pada
guru/dasen/lembaga ke system yang berorientasi pada
siswa/mahasiswa/peserta didik. (b) tumbuh dan semakin memasyarakatnya
pendidikan terbuka/jarak jauh. (c) semakin banyaknya pilihan sember
balajar yang tersedia. (d) diperlikannya standar kualitas global dalam
rangka persaingan global dan (e) semakin diperlukannya pendidikan
sepanjang hayat (long life learning). Aplikasi teknologi komunikasi dan
inforamsi telah memungkinkan terciptanya lingkungan belajar global yang
berhubungan dengan jaringan yang menepatkan siswa di tengah-tengah
proses pembelajaran, di kelilingi oleh berbagai sumber belajar dan
layanan belajar elektronik. Untuk itu, system pendidikan kenvensoinal
seharusnya menunjukan sikap yang bersahabat dengan elternatif cara
belaljar yang baru yang sarat dengan teknologi.
B. Batasan Masalah
Dalam pembahasan yang akan di lakukan dalam makalah ini mengenai :
1. makalah ini akan memberikan penjelasan tentang Teknologi Sistem Informasi
2. makalah ini akan memberikan penjelasan tentang Sistem Akademik dalam Teknologi Sistem Informasi
3. makalah ini akan memberikan penjelasan tentang Sistem Geografis dalama Teknologi Sistem Informasi
4. makalah ini akan memberikan penjelasan tentang Pengenalan Teknologi
C. Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memberikan
informasi lebih mendalam tentang Teknologi Sistem Informasi, Sistem
Akademik, Sistem Geografis dan Pengenalan Teknologi dan dampak yang bias
memberikan tehhadap teknologi yang kita gunakan. Selain itu makalah ini
juga bertujuan untuk memberikan informasi mengenai beberapa pendekatan
yang bisa di lakukan untuk mengatasi pengunaan teknologi sistem
informasi ini.
BAB II
Teknologi Sistem Informasi
A. Pengertian Teknologi Sisitem Informasi
Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan
untuk mengolah data, termasuk memproses , mendapatkan, menyusun,
menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk mengahsilkan
informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan
tepat waktu, yang di gunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan
pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan
keputusan.
Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk
mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan
computer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi
telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secaraa
global.Arti teknologi informasi bagi dunia pendidikan berarti
tersedianya saluran atau sarana yang dipakai untuk menyiarakan program
pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan
sudah merupakan kelaziman. Membantu menyediakan computer dan jaringan
yang menghubungkan rumah murid dengan ruang kelas, guru, dan
administrator sekolah. Semuanya dihubungkan keinternet, dan para guru
dilatih menggunakan computer pribadi.
Peran yang diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini
adlah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi
tentang kesehatan, habi, rekreasi, dan rohani. Perkembangan teknologi
informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai
sampai dengan akhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life,
artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara
elektronik.
Teknologi informasi (information technology)biasa disebut TI, IT, atau infotech. Teknologi informasi lahir sekitar 1947, yang ditandaidengan ditemukannya komputer sebagai
komponen utama dimana mulai populer diakhir dekade 70-an. Teknologi Informasi yang
diartikan secara harfiah Teknologi (BahasaIndonesia) dan Technology (Bahasa Inggris),
berasal dari bahasa yunani ”Techne” yangberarti adalah seni. Teknologi merupakan
pembuatan benda-benda yang dapat diamatisecara inderawi untuk melayani kebutuhan
atau gagasan manusia. Sedangkan Informasi(Bahasa Indonesia) dan Information (BahasaInggris) berasal dari ”To-Inform” yangberarti adalah memberitahu. Berikut ini
adalah berbagai pendapat mengenaiteknologi informasi:
• Kamus Oxford (1995):
Teknologiinformasi adalah studi atau penggunaan
peralatan elektronika, terutama komputer,untuk menyimpan, menganalisa, dan
mendistribusikan informasi apa saja,termasuk kata-kata, bilangan dan gambar.
• Martin (1999):
Teknologi informasi
tidak hanya terbatas pada teknologikomputer (perangkat keras dan perangkat
lunak) yang digunakan untuk memprosesdan menyimpan informasi, melainkan
juga mencakup teknologi komunikasiuntuk mengirimkan informasi.
• Lucas (2000): Teknologi informasiadalah segala bentuk teknologi yang
diterapkan untuk memproses danmengirimkan informasi dalam bentuk
elektronis. Mikrokomputer, komputermainframe, pembaca barcode, perangkat
lunak pemroses transaksi, perangkatlunak lembar kerja (spreadsheet), dan
peralatan komunikasi dan jaringanmerupakan contoh teknologi informasi.
• Williams dan Sawyer (2003): Teknologi
informasi adalah teknologi yangmenggabungkan komputasi (komputer)
dengan jalur komunikasi berkecepatantinggi yang membawa data, suara, danvideo.
Penjelasaan 2 teknologi yang mendasariteknologi informasi adalah sebagai berikut.
• Teknologi Komputer:
Teknologi komputer adalah teknologi
yang berhubungan dengan komputer,termasuk peralatan-peralatan yang
berhubungan dengan komputer sepertiprinter, pembaca sidik jari, dan bahkan
CD-ROM. Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program,
digunakan untuk mengolah data menjadiinformasi. Program adalah deretan
B. Dampak Teknologi Sistem Informasi
Dalam peradaban manusia, kini tekhnologi informasi berkembang dengan sangat baik.
kemajuan teknologi itupun semakin menjalar, perangkat teknologi saat ini tidak hanya dipakai oleh kalangan tertentu tetapi sudah sangat meluas dari lingkungan kota hingga lingkungan pedesaan, dimana semuanya mungkin sudah dapat mengerti dasar dasar pemakaian alat tekhnologi informasi dengan mudahnya.
sebut saja pemakaian komputer, hingga pemakaian teknologi komunikasi seperti handphone kini sudah merayap dari atas sampai kebawah.
pada zaman dahulu kala perkembangan teknologi informasi tentu tidak seperti saat ini, dahulu komputer digunakan sekedar untuk menyelesaikan masalah perhitungan,pekerjaan, mengetik, sampai pemrograman.
namun kini sejak berkuasanya tekhnologi jaringan dimana komputer dapat berhubungan dalam jarak yang sangat jauh sekalipun dimana komunikasi dengan komputer pun dapat dilakukan semakin kedepan tekhnologi informasi ini semakin canggih dengan banyaknya fasilitas yang dapat kita gunakan (multimedia) bayangkan saja; saat ini hanya dengan komputer kita dapat melakukan aktifitas pekerjaan yang cakupannya sangat luas tergantung kita yang membutuhkan seperti menulis,print,pemrograman,perhitungan,pemutar audio-video,telekomunikasi dan internet yang membuat kita terhubung dengan dunia sekalipun.
seiring berkembangnya teknologi informasi ini tidak dapat kita pungkiri bahwa semua itu tidak lepas dari berkembangnya internet service.
seperti kita ketahui dunia internet sekarang dengan sangat mudah dapat kita akses karna banyaknya penyedia layanan internet (ISP) yang memberikan layanan internet acces kepada konsumennya dengan tarif yang murah sekalipun. beragamnya ISP diindonesia untuk memberikan layanan dan meraup keuntungan tentunya, mereka berlomba lomba merebut pasar dan konsumen dengan menyediakan layanan murah untukkonsumennya.
kini akses internet mungkin sudah menjadi keseharian tiap orang. hal ini dapat kita buktikan dengan hanya melirik isi warnet yang penuh atau ramai dikunjungi orang. hal ini juga berarti budaya konsumerisme untuk internet di indonesia semakin tinggi.
menurut gue dalam perjalanan perkembangan sesuatu. pasti ada yang namanya kelebihan dan kekurangan. sebut saja dampak positif dan negatifnya internet sudah jelas pasti ada.
kemajuan teknologi itupun semakin menjalar, perangkat teknologi saat ini tidak hanya dipakai oleh kalangan tertentu tetapi sudah sangat meluas dari lingkungan kota hingga lingkungan pedesaan, dimana semuanya mungkin sudah dapat mengerti dasar dasar pemakaian alat tekhnologi informasi dengan mudahnya.
sebut saja pemakaian komputer, hingga pemakaian teknologi komunikasi seperti handphone kini sudah merayap dari atas sampai kebawah.
pada zaman dahulu kala perkembangan teknologi informasi tentu tidak seperti saat ini, dahulu komputer digunakan sekedar untuk menyelesaikan masalah perhitungan,pekerjaan, mengetik, sampai pemrograman.
namun kini sejak berkuasanya tekhnologi jaringan dimana komputer dapat berhubungan dalam jarak yang sangat jauh sekalipun dimana komunikasi dengan komputer pun dapat dilakukan semakin kedepan tekhnologi informasi ini semakin canggih dengan banyaknya fasilitas yang dapat kita gunakan (multimedia) bayangkan saja; saat ini hanya dengan komputer kita dapat melakukan aktifitas pekerjaan yang cakupannya sangat luas tergantung kita yang membutuhkan seperti menulis,print,pemrograman,perhitungan,pemutar audio-video,telekomunikasi dan internet yang membuat kita terhubung dengan dunia sekalipun.
seiring berkembangnya teknologi informasi ini tidak dapat kita pungkiri bahwa semua itu tidak lepas dari berkembangnya internet service.
seperti kita ketahui dunia internet sekarang dengan sangat mudah dapat kita akses karna banyaknya penyedia layanan internet (ISP) yang memberikan layanan internet acces kepada konsumennya dengan tarif yang murah sekalipun. beragamnya ISP diindonesia untuk memberikan layanan dan meraup keuntungan tentunya, mereka berlomba lomba merebut pasar dan konsumen dengan menyediakan layanan murah untukkonsumennya.
kini akses internet mungkin sudah menjadi keseharian tiap orang. hal ini dapat kita buktikan dengan hanya melirik isi warnet yang penuh atau ramai dikunjungi orang. hal ini juga berarti budaya konsumerisme untuk internet di indonesia semakin tinggi.
menurut gue dalam perjalanan perkembangan sesuatu. pasti ada yang namanya kelebihan dan kekurangan. sebut saja dampak positif dan negatifnya internet sudah jelas pasti ada.
Dampak Positif
1. kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan semakin mudah dibantu perangkat teknologi yang semakin berkembang dan mudah digunakan.
2. kita dapat berkomunikasi
dengan orang lain dengan fasilitas e-mail,chat,sampai komunikasi secara
langsung (pembicaraan) sekalipun melalui internet.
3. munculnya bermacam macam komunitas dari internet itu sendiri.
4. kita dapat dengan mudah
mencari informasi yang kita butuhkan. apalagi dengan adanya bantuan web
search engine seperti google search/yahoo searh dsb.
5. kita dimungkinkan berbelanja melalui media internet.
6. seiring berkembangnya
bahkan internet dapat kita akses di genggaman tangan kita sendiri yaitu
dengan media handphone ini sangat positif karena akses internet dapat
kita lakukan dengan mudahnya serta dengan tarif yang relatif sangat
murah pula dsb.
Dampak Negatif
- munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.
- munculnya budaya plagiarisme. dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal ini udah biasa kita sebut 'copast' copy paste.
- munculnya pornografi/konten konten dewasa. menurut saya hal ini sangat tidak masalah dipandang dari segi konten dewasa. namun yang menjadi sisi negatifnya adalah dengan mudahnya pornografi/konten dewasa diakses anak anak dibawah umur.
- munculnya pencurian dengan mengambil/menghack. mungkin ini merupakan kesenangan atau kelebihan ilmu si pencuri namun tetap saja pencurian itu tidak dibenarkan bro.
- dengan semakin mudahnya berbelanja lewat internet kita dapat meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros dan tentu berefek tidak baik untuk kantong. dsb.
C.Sejarah Teknologi Informasi
Manusia adalah makhluk sosial, artinya manusia hidup saling membutuhkan
satu sama lain dan berkomunikasi merupakan kebutuhan yang utama. Untuk
itu, manusia menciptakan sistem dan alat untuk berhubungan, mulai dari
melukis kisah di dinding gua, isyarat menggunakan asap atau bunyi,
penulisan hutuf, pengiriman surat, hingga munculnya telepon dan internet. Alat dan sistem komunikasi yang diciptakan manusia kemudian dikenal dengan nama Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
1. Masa Prasajarah (Sebelum 3000 SM)
Awalnya, teknologi informasi dikembangkan manusia sebagai sistem
pengenalan bentuk-bentuk dengan menggambarkan informasi yang mereka
dapatkan pada dinding-dinding gua, misalnya tentang berburu dan binatang
buruannya. Pada masa ini, mereka mulai mengenal benda-benda di sekitar
lingkungan mereka dan mewakilkan bentuknya pada lukidan di dinding gua
tempat mereka tinggal. Kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar
pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal
komunikasi.
Perkembangan teknologi selanjutnya, yaitu dengan diciptakan dan
digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti
gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, serta isyarat asap
sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya. Pada masa ini,
teknologi informasi belum menjadi teknolgi massal seperti yang kita
kenal sekarang dan hanya digunakan pada saat-saat khusus
2. Masa Sejarah (3000 SM s.d 1400 M)
Perkembangan tulisan semakin maju pada masa sejarah, mulai ditemukannya
abjad fonetik, kertas sebagai media penulisan yang mudah dibawa, ingga
cara pencentekan buku. Pada masa ini, informasi belum disebarkan secara
massal. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada masa
sejarah pada tabel berikut.
3000 SM
|
Untuk pertama kalinya, ditemukan tulisan yang digunakan oleh bangsa
Sumeria dengan menggunakan simbo-simbol yang dibentuk dari piktograf.
Simbol ini mempunyai bentuk bunyi yang cara penyebutannya berbeda
sehingga dapat disimpulkan bahwa bangsa SUmeria telah mengenal bahasa
dan tulisan pada masa itu. Selain itu, terdapat tulisan hieroglif yang
dikembangkan oleh orang-orang Mesir.
|
1774 SM
|
Orang-orang Yunani memperkenalkan sistem penulisan dari kiri ke kanan
dengan memakai abjad fonetik, yaitu huruf-huruf yang diciptakan
berdasarkan bunyi ucapan, bukan lambang/gambar yang diciptakan sebgai
wakil suatu ide atau benda.
|
1400 SM
|
Orang-orang di dataran Cina mulai menuliskan sejarah mereka secara teratur di atas kepinga-kepingan tulan binatang.
|
1270 SM
|
Ensiklopedia petam di dunia diterbitkan oleh orang-orang Suriah.
|
900 SM
|
Sistem pelayanan pos (jasa pengiriman) dan kantor pos pertama di dunia diciptakan oleh orang-orang Cina.
|
776 SM
|
Penggunaan merpati pos dipopulerkan oleh orang-orang Yunani.
|
530 SM
|
Perpustakaan pertama di dunia didirikan di Yunani.
|
500 SM
|
Alat tulis petama di dunia yang mudah dibawa ke mana-mana diciptakan
di Mesir, yaitu dari papirus yang menyerupai kerta. Serat dipohon
Papirus digunakan sebagai media penulisan yang lebih kuat dan fleksibel
dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang digunakan sebelumnya.
|
105 SM
|
Tsai Lun dari Cina menemukan ketas. Ketas yang ditemukan oleh bangsa
Cina pada masa ini adalah cikal bakal ketas yang kita pertgunakan
sekarang. Ketas dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,
dicuci, kemudian diratakan, dan dikeringkan.
|
14 M
|
Orang-orang Romawi meresmikan sistem pelayanan pos mereka.
|
37 M
|
Kaisar Tiberius dari Roma adalah orang oertama yang tercatat
menggunakan cermin sebagai alat pengiriman kode atau pesan. Cara ini
dinamakan heliograf.
|
100 M
|
Diciptakanya buku-buku yang memiliki bentuk mirip dengan buku zaman sekarang.
|
305 M
|
Alat cetak pertama diciptakan di Cina yang terdiri atas lempengan kayu
berukir yang kemudian dipakai untuk menerakan isinya ke atas kertas.
Sistem pencetakan ini dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang
ditorehkan dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan
sistem Csp.
|
1049 M
|
Pi Sheng dari China menciptakan alat cetak yang hurufnya dapat dipindah-pindahkan dengan memakai lempengan tanah liat bakar.
|
3. Masa Modern (1400 M – Sekarang)
Pada masa ini terjadi kemajuan yang berarti pada perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi. Untuk itu, pelajari tabel berikut.
1450 M
|
Koran pertama di dunia mulai beredar di Eropa, tetapi belum diterbitkan secara harian.
|
1455 M
|
Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak yang menggunakan plat huruf
terbuat dari besi dalam bingkai yang terbuat dari kayu dan dapat
diganti-ganti.
|
1560 M
|
Kamera foto pertam diciptakan. Kamera ini biasa disebut Camera Obscura, artinya pembuat foto yang kabur.
|
1650 M
|
Surat kabar harian pertama mulai beredar di Leipzig, Jerman
|
1714 M
|
Henry Mill dari Inggris menciptakan mesin ketik. Ia memperoleh hak paten dan diakui sebagai pencipta mesin ketik modern.
|
1793 M
|
Claude Chappe menciptakan jalur telegraf optik jarak jauh.
|
1821 M
|
Mikrofon (pengeras suara) pertama diciptakan oleh Charles Wheatstone.
|
1830 M
|
Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertam bekerjasama dengan Charles Babbage menggunakan ide mesin Analytical.
Peralatan ini didesain utntuk mampu memasukkan data, mengolah data,
dan menghasilak bentuk keluaran dalam sebauah kartu. Mesin ini dikenal
sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya
lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.
|
1831 M
|
Joseph Henry menciptakan jalur telegraf listrik pertama di dunia.
|
1837 M
|
Samuel Morse mengembangkan telegraf dan kode Morse bersama Sir William
Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik pada
jarak jauh menggunakan kabel informasi mampu dikirim dan diterima pada
waktu yang hampir bersamaan. Penemuan ini memunginkan informasi dapat
disebarluaskan tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.
|
1843 M
|
Samuel Morse menciptakan jalur telgraf listrik jarak jauh, sementara Alrcander Bain menciptakan mesin faksimili pertama.
|
1861 M
|
Coleman Sellers dari Amerika menciptakan alat bernama kinematoskop
yang berfungsi sebagai mesi pemutarslide pertama di dunia. Gambar
bertgerak yang diproyeksikan pada layar merupakan cikal bakal film
sekarang.
|
1876 M
|
Thomas Edison menemukan mesin fotokopi pertamayang biasanya disebut mimeograf.
Pada tahun yang sama, Alexsander Graham Bell mencitakan telepon
pertama di dunia. Sedangkan, Melvyl Dewey menciptakan sistem
pencatatan katalog buku untuk pertpustakaan yang digunakan di seluruh
dunia bernama Sistem Desimal Dewey.
|
1887 M
|
Emile Berliner menciptakan piringan hitam pertama di dunia yang dinamakan gramafon.
|
1888 M
|
George Eastman menciptakan gulungan film untuk memotret yang dinakan Kodak
|
1899 m
|
Almon Strowger menciptakan telepon yang dapat langsung menghubungi nomor penerima, tidak harus melalui operator.
|
1899 m
|
Valdemar Poulsen menciptakan pita rekam magnetik pertama. Pengeras
suara (loud speaker) pertama juga diciptakan pada tahun yang sama.
|
1902 m
|
Guglielmo Marconi memamerkan penyiaran sinyal radio pertama yang dapat menyeberangi Samudra Atlantik.
|
1910 m
|
Thomas Edison menciptakan film bersuara pertama di dunia.
|
1914 m
|
Panggilan telepon antar benua yang pertama dapat dilakukan.
|
1916 m
|
Pesawat eadio pertama yang memiliki alat pemindah saluran laris
terjual di Amerika, bersamaan dengan munculnya beragam stasiun radio
swasta pertama di dunia.
|
1923 m
|
Pesawat televisi pertama di dunia diciptakan oleh Vladimir Kosma Xworykin.
|
1925 m
|
Siaran televisi pertama di dunia dilakukan oleh John Logie Baird di Amerika
|
1927 m
|
Film bersuara diputar untuk umum pertama kalinya. Judul filmnya “The Jazz Singer” produksi Warner Brothers Sutdios di Amerika
|
1930 m
|
Siaran televisi untuk umum yang pertama dilakukan di Amerika. Sejak
tahun ini, televisi menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.
|
1934 m
|
Tape Recorder pertama diciptakan oleh Joseph Begun.
|
1936 m
|
Konrad Zuse menciptakan komputer pertama di dunia yang diberi nama Z1
|
1940 m
|
Perkembangan TIK pada masa Perang Dunia II difokuskan pada kepentingan
pengiriman dan penerimaan dolumen rahasia militer yang disimpan dalam
bentuk magnetic tape
|
1944 m
|
Pemakaian komputer mulai dipopulerkan di kalangan terbatas, yakni di
lingkungan Pemerintahan Amerika. Tahun ini biasanya dianggap sebagai
tahun kelahiran Era Informasi
|
1945 m
|
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext
|
1946 m
|
ENIAC I, komputer digital pertam adi dunia dikembangkan.
|
1948 m
|
Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor sehingga ukuran alat-alat elektronik menjadi jauh lebih kecil.
|
1949 m
|
Amerika memulai jaringan (network) televisi dengan cara menyiarkan
acara dari stasiun televisi utama ke seluruh negeri melalui
stasiun-stasiun kecil yang menginduk kepadanya. Stasiun induk pertama
adalah CBS.
|
1951 m
|
Untuk pertama kalinya, komputer dijual kepada perorangan dan lembaga di luar pemerintah. Peristiwa ini terjadi di Amerika.
|
1957 m
|
Jean Hoerni mengembangkan transistor planar sehingga
memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor yang dapat
dimasukkan ke dalam sebuah keping kecil kristal silikon. Sementara itu,
Uni Soviet (sekarang sebut Rusia) menluncurkan sputnik sebaga satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya, Amerika membentuk Advanced Research Projects Agency (ARPA)
di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi dalam bidang militer.
|
1958 m
|
Chester Carlson menciptakan mesi fotokopi modern pertama di dunia dengan merk XEROX.
|
1962 m
|
Rand Paul Barand dari perusahan RAND
ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang
mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran puluru kendali
dalam perang nuklir.
|
1963 m
|
Amerika menciptakan sistem kode pos.
|
1966 m
|
Pabrik Xerox menciptakan mesin faksimili modern pertam dan menjualnyan untuk umum.
|
1969 m
|
Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes
(titik), antara University of California, SRI (Stanford), University
California of Santa Barbara, dan University of Utah dengan kecepatan 50
Kbps.
|
1969 m
|
Tahun ini merupakan tahun kelahiran internet. Pelopornya adalah sebuah
jaringan antar komputer di Amerika yang diberi nama ARPANET. Tetapi,
aksesnya sangat terbatas dan pemerintah AMerika melarang rakyat umum
menggunakannya.
|
1971 m
|
Disket pertama di dunia diciptakan.
|
1972 m
|
Stasiun televisi HBO di Amerika menciptakan sistem televisi berlangganan (TV kabel). Sementara itu, Ray Tomlison menciptakan program E-mail yang pertama.
|
1973 m
|
Istilan internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP. Selanjutnya, dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP (Transmition Control Ptotokol/Internet Protokol) yang dikembangkan oleh grup dari DARPA.
|
1976 m
|
Komputer untuk perorangan dengan harga yang relatif terjangkau (home computer atau personal computer) diciptakan dan diberi nama “Apple I”.
|
1979 m
|
Jepang menciptakan jaringan telepon tanpa kabel (selular) pertama di dunia.
|
1980 m
|
Perusahaan alat elektronik Jepang, Sony, menciptakan walkman pertmaa di dunia.
|
1981 m
|
National Science Foundation mengembangkan jaringan komputer utama yang disebut backbone
CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam
pemerintahan. Pada tahun yang sama, perusahan komputer IBM menjual
komputer perorangan dan mempopulerkan istilah personal computer (PC). Tahun ini juga, semua komputer mulai dilengkapi dengan pengarah kursor (mouse). Dan pada tahun ini, penjualan komputer jinjing (laptop) mulai dilakukan di Amerika.
|
1983 m
|
Amerika baru memulai pembuatan jaringan telepon nirkabel (selular/HP).
|
1985 m
|
Cakram penyimpan data (Compact Disk/CD) yang dapat dibaca di komputer mulai di jual.
|
1991 m
|
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN
memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya
operasionalnya.
|
1992 m
|
Pembentukan komunitas Internet dan diperkenalkannya istilah word wide web (www) oleh CERN.
|
1994 m
|
Pemerintah Amerika menghentikan kendalinya atas internet. Internet
menjadi wilayah yang bebas dan perusahaan penyedia layanan internet
untuk umum mulai lahir tahun ini, misalnya Yahoo! Internet
berkembang dengan sangat cepat, mulai merambah segala segi kehidupan
manusia, dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.
Di Indonesia, tahun ini warung-warung internet (warnet) ulai bermunculan di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogjakarta.
|
1995 m
|
Perusahaan swasta mulai diperkenalkan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone.
|
1999 m
|
Penyedia jasa pencarian informasi secara gratis yang terbesar di dunia, yaitu google.com mulai beroperasi dari Amerika dan menjangkau semua negara di dunia. Perusahaan telepon Indonesia, Telkom, mulai memasarkan jaringan internet bernama Telkomnet Instan.
|
Teknologi informasi dan komunikasi sampai saat ini terus berkembang
pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan, mulai
dari sistem komunikasi samapai alat komunikasi yang searah maupun dua
arah (interaktif).
1.1 Sejarah Komputer
Salah satu perangkat TIK yang paling berperan penting ialah komputer.
Gagasan tentang komputer sebagai alat hitung mulai muncul pertama kali
pada tahun 1822. Gagasan ini munvul ketika seorang ahli matematika
berkebangsaan Inggris, yaitu Charles Barbbage menciptakan suatu mesin
hitung yang disebut difference engine. Mesin tersebut dipakai untuk menghitung tabel-tabel matematika. Pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan diffence engine dengan konsep yang lebih mendalam dan umum. Mesin yang baru ini dinamakan analytical engine. Mesin ini dapat melaksanakan penghitungan apa saja, sehingga mesin inilah yang petama kali dikenal sebagai general purpose digital computer.
Sumbangan Charles Babbage ini sangat besar bagi dunia komputer karena
prinsip kerja dari kedua mesin itu merupakan dasar kerja dari komputer
sekarang. Prinsip yang menginspirasi ini antara lain adanya peralatan input, memori komputer, stored program, dan lain-lain. Karena sumbangan yang sangat besar ini maka Charles Babbage dianggap sebagai Bapak Komputer Modern.
Pada tahun 1937, Prof. Howard Aikem seorang ahli matematika dari
Universitas Havard mulai merancang pembuatan sebuah komputer yang mampu
melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis. Komputer
tersebut mulanya dibuat secara mekani elektronik. Kemudian pada tahun
1944, komputer tersebut terselesaikan secara elektronik dengan bantuan
perusahaan IBM. Komputer tersebut diberi nama Havard Mark I Automatic Sequence-Contoled Calculator (ASCC).
Komputer ini merupakan realisasi dari impian Charler Babbage. Jika
dibandingkan dengan komputer sekarang komputer Havard Mark I mempunyai
perbedaan yang sangat menyolok terutama dalam hal kecepatan.
Sejak pertama kali komputer diciptakan sampai dengan sekarang, sejak perkembangan komputer telah mengalami 5 (lima) geneerasi dalam pertumbuhannya. Pembagian generasi komputer sebagai berikut :
1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Ciri-ciri komputer generasi pertama antara lain:
- Program dibuat dalam bahasa mesin,
- Menggunakan konsep storage program,
- Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara,
- Ukuran fisiknya besar sehingga membutuhkan daya listrik yang besar, serta
- Dapat disimpan pada magnetic tape dan magnetig disk.
Contohnya, komputer IBM 701 yang dibuat tahun 1953 merupakan komputer
komersial berukuran besar, sedangkan IBM 705 yang dibuat tahun 1959
digunakan dalam industri.
2. Komputer Generasi Kedua (1959-1965)
Ciri-ciri komputer generasi kedua antara lain:
- Program telah dibuat dengan bahasa tingkat tinggi, seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL, dan sebagainya,
- Kapasitas memori utama cukup besar,
- Komponen yang digunakan adalah transistor yang jauh lebih kecil dibandingkan tabung hampa udara,
- Menggunakan magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk,
- Mempunyai kemampuan proses real-time dan time sharing,
- Proses operasinya lebih cepat,
- Ukurannya lebih kecil dan membutuhkan lebih sedikit daya listrik, serta
- Orientasinya pada aplikasi bisnis dan teknik.
Contohnya, komputer PDP-5 dan PDP-8 yang dibuat tahun 1963 merupakan
komputer mini komersial yang pertama. Selain itu, terdapat komputer IBM
7070, IBM 1400, NCR 300, dan sebagainya.
3. Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)
-ciri komputer generasi ketiga antara lain:
- Komponen yang dipakai adalah IV (Integrated Circuits) yang terdiri atas ratusan atau ribuan transistor berbentu hybrid integrated circuits dan monolithic intgrated circuits,
- Proses operasinya jauh lebih cepat dan lebih tepat, kapasitas memori komputer jauh lebih besar,
- Ukuran fisik jauh lebih kecil sehingga penggunaan listrik lebih hemat,
- Menggunakan magnetic disk yang sifatnya random access,
- Dapat melakukan multiprocessing dan multiprogramming,
- Alat input-output mengalami pengembangan dengan menggunakan visual display terminal, serta
- Menggunakan system operasi
- Dapat melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya.
Contohnya, komputer IBM S/30. NOVA, CDC 3000, PDP-11, dan lain sebagainya
4. Komputer Generasi Keempat (sejak tahun 1970)
Sejak tahun 1970, dunia komputer mengalami dua perkembangan penting, yaitu:
- Penggunaan LSI (Large Scale Integration) yang disebut juga sebagai Bipolar Large Scale Integration, serta
- Menggunakan mikroprosesor dan semi konductor yang berbentu chip untuk memori komputer
Contohnya, komputer IBM 370 menggunakan Intel 4004 mikroprosesor yang
dikembangkan pertama kali pada tahun 1971 oleh perusahaan Intel
Corporation dengan menggunakan chip mikroprocessor. Personal computer (PC) mulai berkembang sejak tahun 1977, misalnya komputer Apple II dan komputer dekstop oleh Xerox Corporation. Pada tahun 1981, komputer mulai banyak menggunakan sistem Window dan mouse.
5. Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima kini sedang dalam pengembangan. Komponen yang dipakai adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Saat ini sedang dikembangkan oleh Josephson Function yang diramalkan dapat menggantikan keberadaan chip.
Negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi kelima ini
adalah Jepang. Kemungkinan pengembangan komputer lainnya ialah kemampuan
komputer memecahkan masalah sendiri dengan bantuan AI (Artificial Intellegence). Hal ini dapat diterapkan untuk mengoperasikan robot.
1.2 Sejarah jaringan komputer global
Awalnya, komputer hanya digunakan sebagai perangkat teknologi informasi
yang berfungsi sebagai pengolah data. Perkembangan selanjutnya
menjadikan komputer juga dapat berfungsi sebagai perangkat teknologi
komunikasi. Internet merupakan suatu jaringan komputer yang dibentuk
oleh Departemen Pertahan Amerika di awal tahun 60-an melalui proyek ARPA
(Advanced Research Project Agency) dan disebut ARPANET. Kemudian ARPANET medemonstrasikan hardware dan software
antar komputer berbasis UNIX yang dapat melakukan komunikasi dalam
jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET
merancang bentuk jaringan, kehandalan, dan jumlah informasi yang dapat
dipindahkan . akhirnya, semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal
bakal pengembangan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
ARPANET dibentuk secara khusus oleh empat universitas besar di Amerika,
yaitu Stanford Research Institute, University of California, University
of California di Los Angeles, dan University of Utah yang dibentuk satu
jaringan terpadu pada tahun 1969. Pada bulan Oktober tahun 1972, ARPANET
diperkenalkan kepada umum. Pada tahun 1981, jumlah komputer yang
bergabung dalam ARPANET hanya 213 komputer, kemudian di tahun 1986
bertambah menjadi 2.308 komputer, dan berambah lagi menjadi 1,5 juta
komputer pada tahun 193. Pada awal tahun delapan puluhan, seluruh
protokol jaringan yang tercakup dalam proyek ARPANET diubah menjadi
TCP/IP. Jaringan ARPANET merupakan koneksi utama (backbone) dari internet saat ini.
Proyek percobaan ARPANET dilanjtkan dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation)
suatu lembaga ilmu pengetahuan di Amerika. NSD mengubah nama jaringan
ARPANET menjadi NSFNET. Backbone yang memiliki kecepatan tinggi
dihubungkan ke komputer-komputer yang ada di universitas dan lembaga
penelitian yang tersebar di Amerika. Kemudian pemerintah AMerika
memberikan izin penggunaan internet ke arah komersial pada awal tahun
1990.
Internet yang awalnya dikenal sebagai suatu sarana bagi para peneliti
untuk saling bertukar informasi kemudian dimanfaatkan oleh
perusahaan-perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka. Saat ini,
pengguna internet tersebar di seluruh dunia dengan jumlah mencapai lebih
dari 250 juta orang.
D. Penerapan Teknologi
Ada lima
komponen sistem informasi yaitu hardware, programs, data, procedures,
dan people. Hubungan kelima komponen sistem informasi tersebut dapat
dilihat pada gambar-1 berikut :
Machine Human
Hardware
|
Programs
|
Data
|
Procedures
|
People
|
Instructions
Actors
Gambar-1. Lima komponen sistem informasi
Disini hanya akan dibahas salah satu dari kelima komponen sistem informasi yaitu Computer hardware yang meliputi input hardware, processing hardware, storage hardware, dan output hardware.
1. INPUT HARDWARE
Input hardware digunakan untuk mentransmisikan data ke processing dan
storage hardware. Peralatan yang paling populer untuk memasukkan data
yaitu kombinasi antara keyboard dan layar monitor. Layar monitor
dianggap sebagai bagian dari input hardware karena digunakan untuk
memeriksa apakah data yang akan dimasukkan telah diketik. Di samping
jenis input hardware di atas, terdapat juga input hardware lainnya yaitu
mouse, scanner, voice recognition device, hardwriting recognition
device, machine data input (mis : modem), light pen, dan bar code
reader.
Mouse
digunakan sebagai interface titik dan click. Pergerakan mouse
menghasilkan suatu gerakan yang berhubungan dengan pointer pada layar
monitor. Pada umumnya mouse digunakan dalam aplikasi yang berorientasi
grafis, misalnya Windows produksi Microsoft.
Scanner
digunakan untuk mentransformasikan image grafis atau text ke dalam data
computer. Transformasi text dapat menghemat dari pekerjaan retyping
sedangkan transformasi image grafis dipakai untuk membaca logo atau
simbol grafis untuk aplikasi desktop publishing.
Voice
recognition device dipakai untuk memasukkan suara manusia ke dalam
signal interpreter. Kebanyakan voice systems yang digunakan sekarang
mempunyai vocabulary yang kecil dan harus dilatih untuk mengenal
kata-kata tertentu. Caranya, seseorang membacakan sebuah daftar
kata-kata yang biasa digunakan sehingga signal interpreter dapat
menetapkan polanya. Misalnya pekerja menyebut box yang mereka bawa.
Voice input diperlukan karena tangan pekerja sibuk dan tidak dapat
mengetik atau memanipulasi peralatan ketik input device lainnya.
Handwriting recognition device digunakan untuk memasukkan data dengan
cara menulis pada pad elektronis yang sensitif. Karakter-karakter
tersebut dikenali dan dimasukkan ke dalam sistem komputer, biasanya
suatu sistem PC (personal computer).
Modem
merupakan salah satu jenis alat input data untuk menghubungkan komputer
dengan komputer lain melalui jaringan telepon. Jenis input hardware
lainnya yaitu light pen yang digunakan untuk menunjuk item-item pada
layar monitor dan bar code reader yang biasa digunakan di supermarket
untuk mengidentifikasi suatu jenis barang.
2. PROCESSING HARDWARE
Processing hardware
meliputi peralatan yang bertugas untuk menghitung, membandingkan dan
melaksanakan instruksi-instruksi khusus. Dalam CPU (Central Processing
Unit) terdapat control unit, ALU (Arithmetic Logic Unit), dan system
memory yang kadang-kadang disebut main memory. Control unit mengambil
instruksi-instruksi dari system memory dan menterjemahkannya. ALU
melaksanakan instruksi yang telah diterjemahkan. System memory digunakan
untuk menyimpan instruksi data dan instruksi program. Untuk
menghubungkan CPU dengan peralatan komputer lainnya digunakan data bus
atau processor channel. Processor channel terdapat pada mother board,
mempunyai expansion slots yang berfungsi untuk menghubungkan dengan
peralatan tambahan seperti floppy disks, plotters, printers, mouse,
modem, multimedia, dll.
Kapasitas komputer
dapat diukur dari kecepatan pemrosesan dan kemampuan ALU untuk
memanipulasi data dalam 1 cycle. Kecepatan pemrosesan dapat dinyatakan
dalam cycle per second (biasanya dalam satuan MHz) atau dalam instruksi
per second, biasanya dalam satuan millions of instructions per second
(MIPS). Jumlah data yang dapat dimanipilasi oleh ALU dalam 1 cycle
diukur dalam satuan bits (binary digits) dan biasa dipakai sebagai
ukuran microprocessor, misalnya : microprocessor Zilog Z-80 merupakan
procerssor 8 bit. Microprocessor sekarang yang lebih modern dapat
memproses 16, 32, atau 64 bit data, dan bahkan ada yang mempunyai
kemampuan lebar bit yang lebih besar.
Ada
dua jenis dasar processor memory, yaitu ROM (read only memory) yang
bersifat non-volatile dan RAM (random access memory) yang bersifat
volatile (isi RAM akan hilang jika power off).
Processing hardware
dapat dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu mainframe computer,
minicomputer, dan microcomputer. Tetapi sekarang pengelompokan ini sudah
agak kabur karena sering terjadi overlap di antara pengelompokan
tersebut. Untuk mudahnya dapat kita lihat tabel berikut ini.
Type
|
Application
|
Speed
|
Memory
Size
|
Number of Con-current Users
|
Mainframe
|
Enterprise Informa-tion Systems
|
10 - 100+MIPS
|
32-500 MB
|
Hundreds
|
Minicomputer
|
Workgroup & Small Enterprise System
|
4 – 40+ MIPS
|
24-25 MB
|
Dozens
|
Microcomputer
|
Personal Computing
|
0.5 – 20+MIPS
|
0.5-100+MB
|
1 or dozen in LAN
|
Ada
dua macam Emerging Processor Architectures yaitu complex instruction
set computers (CISCs) dan reduced instruction set computers (RISCs).
CISCs merupakan jenis CPU konvensional yang mengandung rangkaian untuk
mengeksekusi satu range yang lebar dari instruksi-instruksi komputer,
sedangkan RISCs merupakan jenis CPU yang hanya menggunakan
instruksi-instruksi yang sering digunakan sehingga dapat memproses
instruksi 10 kali lebih cepat atau lebih daripada CISCs processor.
Beberapa vendor besar seperti IBM, Compaq, Hewlett-Packard, dan Digital
Equipment Corporation (DEC) sedang mengembangkan komputer yang bekerja
menggunakan RISCs processor.
3. STORAGE HARDWARE
RAM dipakai untuk
menyimpan data atau program yang sedang aktif diproses. RAM tidak dapat
dipakai sebagai storage hardware karena kapasitas RAM terbatas dan RAM
bersifat volatile, dimana data akan hilang jika sistem shut down.
Sebagai penggantinya dipakai external magnetic media untuk menyimpan
data dan program yang sedang tidak aktif diproses. Ada dua jenis magnetic storage hardware yaitu disk dan tape.
Disk storage banyak digunakan sebagai medium storage dalam
industri sistem informasi. Disk storage terdiri atas tracks dan sectors
yang merupakan tempat menyimpan data secara magnetik. Data dibaca dan
direkam dengan menggunakan read/write heads. Berikut dapat dilihat
perbandingan kapasitas disk pada tabel di bawah ini :
Type
|
Size
|
Capacity
|
Diskette
|
5-1/4 inches
|
1.2 MB
|
Diskette
|
3-1/2 inches
|
1.4 MB
|
Stacked Disk – Microcomputer
|
5-1/4 inches
|
100-1000 MB
|
Stacked Disk – Minicomputer and Mainframe Computer
|
10-15 inches
|
0.1-100+ GB
|
Tape
storage merupakan storage yang berbentuk magnetic tape. Keuntungannya
yaitu harganya relatif lebih murah, sedangkan kerugiannya yaitu data
hanya dapat diakses secara berurutan.
Jenis
storage hardware lainnya adalah optical storage hardware. Keuntungan
optical disk ialah mempunyai kapasitas yang tinggi, compact, dan durable
storage. Sedangkan kerugiannya : sulit untuk merubah data, dan lebih
mahal.
Ada tiga macam optical storage hardware, yaitu :
Ø CD-ROM
(compact disk - read only memory), populer digunakan pada multimedia.
Optical storage data direkam dengan menggunakan laser untuk membakar
lekukan kecil pada permukaan metal master disk. Selanjutnya seperti
audio CD, hanya dapat dibaca dan tidak dapat dipakai untuk merekam lagi.
Ø WORM
(write-once/read-many) optical disk, merupakan disk yang hanya dapat
ditulisi sekali kemudian hanya dapat dibaca dan tidak dapat dipakai
untuk merekam lagi. WORM device dipakai untuk memelihara satu record
permanen yang penting dari seluruh data. Misalnya proses transaksi pada
jaringan keuangan.
Ø Erasable optical disks, dapat dibaca dan ditulisi.
4. OUTPUT HARDWARE
Jenis output hardware
yang banyak digunakan yaitu printer. Printer dapat diklasifikasikan
dalam beberapa cara, salah satu diantaranya character printers, line
printers, dan page printers. Character printers umumnya berharga murah,
mencetak per karakter, dan lambat. Line printers mencetak per baris,
dipakai untuk mencetak sejumlah besar bentuk standard seperti invoice
bulanan. Page printers mencetak per halaman, seperti mesin photo copy
dan biasanya menggunakan laser untuk menghasilkan printed character.
Klasifikasi berikutnya
yaitu impact printers dan nonimpact printers. Impact printers memukul
kertas saat mencetak sehingga lebih berisik, misalnya dot matrix printer
memukul pita karbon untuk menghasilkan cetakan pada kertas. Sedangkan
nonimpact printers menggunakan sitem photoelectric untuk mencetak
karakter, misalnya laser printer.
Bit-mapped printer
bekerja atas dasar pengalamatan pada setiap dot yang membentuk baris dan
kolom halaman kertas. Setiap dot pada halaman kertas dapat diset on
(printed) atau off (not printed). Keuntungannya : dapat mencetak
karakter dan gambar dengan mulus, tetapi kerugiannya : komputer harus
mengirim lebih banyak instruksi dan data ke printer untuk mengcover data
dan alamat setiap dot.
Output device lainnya
adalah voice output, plotter dan layar monitor. Seperti yang telah
dibahas sebelumnya, layar monitor dapat juga digolongkan sebagai input
device. Plotter mempunyai fungsi yang lebih rumit sehingga dapat
digunakan untuk membuat grafik, diagram, peta, microfiche, dan
microfilm.
E. Manfaat Teknologi
Banyak
sekali manfaat dari pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan
berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya
yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang
perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia
untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari
Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia
bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.
1.1 Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
1.2 Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk
perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce.
E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
1.3 Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
1.4 Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
1.5 Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis
untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit
karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat
penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi
pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk
menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
1.Terhadap Kehidupan Bermasyarakat
Proses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan dasar yang muncul dan dikenal sebagai Informatika Masyarakat. Masyarakat informatika melibatkan diri lebih dari sekedar pengadopsian teknologi informasi dan komunikasi di dalamnya, tetapi ikut dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi demi keuntungan masyarakat lokal. Masyarakat informatika tidak hanya menghadapkan teknologi, tetapi juga gagasan sosial yang dikenal sebagai modal sosial. Masyarakat informatika juga memperkenalkan dimensi baru ke dalam konsep pembagian masyarakat berdasarkan modal budaya dan kelas sosial yang menstratifikasi masyarakat.
Proses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan dasar yang muncul dan dikenal sebagai Informatika Masyarakat. Masyarakat informatika melibatkan diri lebih dari sekedar pengadopsian teknologi informasi dan komunikasi di dalamnya, tetapi ikut dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi demi keuntungan masyarakat lokal. Masyarakat informatika tidak hanya menghadapkan teknologi, tetapi juga gagasan sosial yang dikenal sebagai modal sosial. Masyarakat informatika juga memperkenalkan dimensi baru ke dalam konsep pembagian masyarakat berdasarkan modal budaya dan kelas sosial yang menstratifikasi masyarakat.
Michael Gurstein, (Gurstein, 2000), mendeskripsikan masyarakat informasi
dengan cara berikut: Masyarakat Informatika adalah aplikasi teknologi
informasi dan komunikasi untuk memungkinkan proses masyarakat dan
pencapaian tujuan masyarakat yang mencakup pembagian digital di dalam
maupun antar masyarakat. Masyarakat informatika muncul sebagai kerangka
untuk mendekati Sistem Informasi secara sistematis dari perspektif
masyarakat dan sejajar dengan Sistem Informasi Manajemen dalam
pengembangan strategi dan teknik untuk manajemen penggunaan dan aplikasi
sistem informasi masyarakat.
Masyarakat informatika mengatasi hubungan antara teori akademik dan penelitian, masalah kebijakan dan pragmatis yang timbul dari puluhan ribu “Jaringan Masyarakat”, “Pusat Teknologi Masyarakat”, Telecentre, Pusat Komunikasi Masyarakat, dan Telecottage yang saat ini berada secara global.
Masyarakat informatika mengatasi hubungan antara teori akademik dan penelitian, masalah kebijakan dan pragmatis yang timbul dari puluhan ribu “Jaringan Masyarakat”, “Pusat Teknologi Masyarakat”, Telecentre, Pusat Komunikasi Masyarakat, dan Telecottage yang saat ini berada secara global.
satu bidang akademik, masyarakat informatika mengambil sumber daya dan
partisipan dari serangkaian latar belakang, termasuk Ilmu Komputer,
Manajemen, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Perencanaan, Sosiologi,
Pendidikan, Kebijakan Sosial, dan penelitian Pedesaan, Regional, dan
Pembangunan.
Sebagai suatu praktik, masyarakat informatika merupakan kepentingan bagi
mereka yang perhatian dengan Pengembangan Masyarakat dan Ekonomi Lokal
di Negara Berkembang maupun Maju dan memiliki hubungan dekat dengan
mereka yang bekerja di bidang-bidang seperti Pembangunan Masyarakat,
Pembangunan Ekonomi Masyarakat, Informatika Kesehatan Berbasis
Masyarakat, Pendidikan Dewasa dan Lanjutan.Masyarakat informatika adalah
bagian dari struktur masyarakat di dunia yang muncul dan memiliki peran
di sejumlah tingkat fundamental dalam masyarakat yang berkembang.
Masyarakat informatika dapat dideskripsikan sebagai penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi untuk praktik masyarakat, yang didefinisikan
oleh Glen (1993) sebagai Penyampaian Layanan Masyarakat, dan Tindakan
Masyarakat. Khususnya, Praktik Masyarakat semakin dianggap fundamental
untuk masalah-masalah sosial karena masyarakat di suatu tempat
menghadapi dunia perdagangan modern yang kurang menjadi subyek negara/
bangsa.
Komunikasi telah memainkan peranan penting dalam mengembangkan dan
mempertahankan kesehjateraan masyarakat secara geografis sepanjang
sejarah. Informatika Masyarakat adalah sebuah fenomena terkini pada
masyarakat jaringan modern, dapat dilacak pada pemrakarsa komunikasi
masyarakat akhir 1980 sampai awal 1990.
Sejak permulaan, tujuan utama teknologi masyarakat adalah untuk
menggunakan prasarana, aplikasi, dan layanan informasi dan komunikasi
untuk memberdayakan dan melestarikan modal sosial masyarakat lokal
(jaringan, organisasi, kelompok, aktivitas, dan nilai yang mendasari
kehidupan masyarakat).
2.Terhadap Pembelajaran di sekolah
Kita harus tahu bahwa untuk memanfaatkan TIK dalam hal pembelajaran
tidak semudah dibayangkan.Perlu beberapa syarat yang harus dipenuhi demi
terwujudnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran,diantaranya :
-Adanya akses teknologi internet untuk guru maupun siswa,baik di dalam kelas,sekolah,maupun lembaga pendidikan guru,
-Adanya materi yang bermutu bagi guru dan siswa,
-Guru harus harus produktif terhadap perkembangan TIK.
Selain itu,untuk menghindari pemanfaatan teknologi yang kurang
bermanfaat apalagi dalam hal negatif oleh siswa karena pembelajaran TIK
antar siswa dengan cepat maka mengarahkan pemanfatan TIK dalam
pembelajaran menjadi sangat penting sehingga siswa disibukkan dengan
eksplorasi subjek positif dalam penggunaan TIK.Bentuk nyatanya dapat
berupa penugasan pencarian artikel,sumber bacaan,atau pengiriman
tugas(PR) melalui e-mail
Dan juga harus tercipta kemudahan akses internet di lingkungan yang
terkontrol seperti di sekolah atau rumah melebihi kemudahan akses di
tempat umum seperti warnet agar aktivitas on-line siswa lebih
terkontrol.
Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya :
-Presentasi
-Demonstrasi
-Kelas Virtual
Blog sekarang memang menjadi tempat bagi semua orang seperti pelajar
untuk munumpahkan semua ilmu dan aktifitas sehari-harinya.Dengan menulis
di Blog kita dapat :
-Mengembangakan kreatifitas kalian dalam menulis.Selain itu apabila
tulisan kalian bagus maka kita akan mendapatkan komentar sebagai bentuk
penghormatan terhadap tulisan kita,
-Mempersiapkan diri kita untuk bersaing di dunia global yang menuntut
kita terjun dalam teknologi, nah apabila kita terbiasa menulis di Blog
maka kita akan terbiasa menggunakan teknologi dalam menjalani kehidupan.
Dengan e-mail,kita bisa mengirimkan tugas yang diberikan oleh guru tanpa
harus bertatap muka langsung.Dan dengan menjelajah internet,kita akan
tahu banyak hal yang bisa di dapat melalui internet seperti mencari
artikel yang berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah.Ini semua sangat
menunjang sekali terhadap proses belajar di sekolah.
BAB III
SISTEM AKADEMIK TEKNOLOGI INFORMASI
A. Sistem Akademik Software Epsbed Dikti Dan SIM PT
Sistem Informasi Akademik merupakan sistem yang mengolah data dan
melakukan proses kegiatan akademi yang melibatkan antara mahasiswa, dosen,
administrasi akademik, keuangan dan data atribut lainnya. Sistem informasi
Akademik melakukan kegiatan proses administrasi mahasiswa dalam melakukan
kegiatan administrasi akademik, melakukan proses pada transaksi belajar
mengajar antara dosen dan mahasiswa, melakukan proses administrasi akademi
baik yang menyangkut kelengkapan dokumen dan biaya yang muncul pada
kegiatan registrasi ataupun kegiatan operasional harian administrasi akademik.
Sistem Informasi yang umum digunakan adalah software EPSBED dari DIKTI
1.1. Software EPSBED Dikti
Software EPSBED ini terdiri atas 2 bagian, yaitu program antar muka yang
memungkinkan seorang user memasukkan data untuk kemudian disimpan,
diolah dan diproses untuk menghasilkan suatu laporan. Program ini dibuat
dengan Compiler Fox base, yang hasilnya berupa program berbasis
Windows, sedangkan bagian kedua berupa file database foxbase yang
berekstensi file. semua data yang dimasukkan ke program EPSBED akan
disimpan dalam file.
Secara keseluruhan software EPSBED ini berbasis DOS, sehingga memiliki
banyak kekurangan di bandingkan software berbasis windows dan
menimbulkan kesulitan dalam mengoperasikannya (misalnya tidak ada
fasilitas copy paste data antar aplikasi) bahkan hasil laporan program
tersebut berupa file text tradisional, yang kesemuanya ini mengakibatkan
timbulnya kesulitan memasukkan data ke dalam program (software EPSBED)
dan mengolah data outputnya untuk dipersiapkan dalam pengeprintan dalam
kegiatan akademis, seperti pembuatan KHS , Transkrips dan pelaporan
lainnya.
Adapun tampilan Software EPSBED Dikti seperti gambar berikut
ini : Dalam pengoperasian software EPSBED diatas tidak dapat digunakan
mouse, semua operasinya harus menggunakan tombol keyboard, karena
software tersebut tidak dapat mendeteksi pergerakan mouse. Hal ini
menimbulkan kesulitan bagi user yang biasa menggunakan mouse dalam
pengoperasian software pada umumnya. Jika kita ingin memperoleh laporan
dari software EPSBED, maka hanya ada 3 pilihan, yaitu Cetak melalui
printer EPSON, Laser-Deskjet, dan cetak berupa tampilan Screen yang
hasilnya adalah file text. Adapun tampilan pilihan tersebut pada
software EPSBED seperti gambar berikut ini :
Jadi dengan menggunakan software EPSBED kita tidaklah mungkin memprint
langsung ke printer selain merk EPSON dan Laser-Deskjet, seperti printer
Canon, sementara printer ini juga banyak digunakan oleh masyarakat.
Cara lain untuk memprint adalah dengan menggunakan pilihan Screen dan
hasilnya adalah berupa file text, seperti gambar berikut ini :
Melalui software EPSBED ini kita tidak dapat langsung memprint, tetapi
file text (*.txt) tersebut dapat langsung dicari di alamat folder dimana
software EPSBED ini berada. Dan selanjutnya file text tersebut kita
buka dengan software lain, seperti notepad.exe bawaan Windows, untuk
selanjutnya diprint, tampilan laporan EPSBED melalui software
notepad.exe, seperti gambar berikut ini :
Jika kita menginginkan laporan tersebut diberikan asesoris, seperti
misalnya logo universitas dan kolom tanda tangan ketua program studi
untuk suatu keperluan seperti untuk diberikan kepada mahasiswa, maka
kita harus membuka file text ini menggunakan mikrosoft word dan hasilnya
seperti gambar berikut ini : Ini artinya sebelum kita ingin menambah
asesorisnya maka kita juga harus memperbaiki format tampilan, dan ini
artinya diperlukan waktu tambahan untuk memperbaiki tampilan laporan
EPSBED sebelum dapat diprint out.
Dalam kegiatan akademik, seringkali dibutuhkan transkrips nilai
sementara dari mahasiswa, misalnya saja untuk kegiatan penentuan mata
kuliah yang akan diambil dan keperluan lainnya yang berhubungan dengan
tugas belajar mahasiswa.
Software EPSBED tidak menyediakan fasilitas pembuatan transkrips nilai
tersebut secara langsung, untuk membuatnya kita harus membuka software
EPSBED dan mengesetnya untuk setiap semester yang telah dilalui oleh
mahasiswa untuk memperoleh KHS-nya. Jika mahasiswa yang bersangkutan
telah
menempuh perkulihan selama 6 semester, maka software epsbed harus diset 6
kali untuk penyusunan Transkrips nilai-nya, dan ini artinya diperlukan
waktu tambahan untuk membuat transkrips nilai.
Kekurangan lain adalah tidak ada fasilitas untuk melihat matakuliah apa
saja yang belum diambil oleh mahasiswa, laporan ini sangat diperlukan
dalam kegiatan penawaran matakuliah yang akan diambil oleh seorang
mahasiswa, terutama mahasiswa integrasi yang notabene matakuliah yang
diambil berbeda dengan mahasiswa biasa yang bukan integrasi.
Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah software EPSBED tidak
menyediakan data akademik mahasiswa secara online, padahal di masa
sekarang ini, teknologi internet menjadi sumber informasi yang tak
ternilai harganya, dan perguruan tinggi harus memanfaatkannya untuk
mempromosikan diri dan menjadikannya sebagai sumber informasi bagi
masyarakat dan mahasiswanya, misalnya mahasiswa memperoleh kemudahan
mendapatkan informasi kegiatan akademiknya, seperti KHS dan transkrips
nilainya. Adanya fasailitas akademik di internet akan menimbulkan kesan
bahwa perguruan tinggi yang bersangkutan modern dan tidak ketinggalan
jaman. Untuk hal ini diperlukan suatu program lain untuk mengubah
database EPSBED menjadi database yang dapat diakses via website,
misalnya menjadi database mysql yang dapat diakses website berbasis php.
Demikianlah kekurangan yang dimiliki oleh software EPSBED dari Dikti.
Dan untuk memperbaikinya maka dikembangkanlah software SIM PT dalam
proposal ini.
2.2. Software SIM PT
Software SIM PT adalah software yang menggunakan database EPSBED Dikti
untuk memproses data kegiatan akademik dan menghasilkan laporanlaporan
kegiatan akademik Perguruan Tinggi yang datanya tersimpan di dalam
database EPSBED, terutama laporan-laporan yang tidak dapat dihasilkan
oleh software EPSBED Dikti. Software SIM PT ini telah dirampungkan 70%
sebelum proposal ini diajukan. Software ini dapat diinstall dari CD yang
menyertai Proposal ini. Software SIM PT ini dibuat sejak tanggal 15
Juni 2009, dan telah diuji coba penggunaannya pada program Studi
Agribisnis Universitas Muhammadiyah Buton selama 1 semester dengan
tujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan laporan dan data apa saja yang
harus dihasilkan dari software ini. Yang belum dimiliki software ini
untuk kemudian dibuat adalah fasilitas yang berhubungan dengan pembuatan
laporan dan data versi online yang nantinya akan dimasukkan ke dalam
website Perguruan TInggi. Adapun tampilan software SIM PT seperti gambar
berikut ini : Saat software ini dijalankan pertama kali, maka akan
diminta untuk memasukkan alamat folder dimana database EPSBED berada,
dan jika tidak ada masalah maka software ini akan membaca isi database
EPSBED dan selanjutnya kita dapat menghasilkan berbagai laporan dari
database EPSBED, yang sebagian besar tidak dimiliki oleh software EPSBED
dari Dikti.